Jumat, 01 Mei 2015

masalah masalah yang terjadi pada chiller

saya akan berbagi pengalaman saya tentang masalah sebuah machine chiller, chiller adalah machine untuk mendinginkan air untuk proses cooling pada machine injection molding, saya berkerja di matsui mfg singapore pte ltd ini adalah perusahaan jepang membuat machine (maker machine) untuk equipment injection molding process, selama saya berkerja disini saya mempunyai pengalaman dalam mengetahui penyebab kerusakan dari sebuah machine chiller, apa saja masalah itu akan saya share untuk pengetahuan kita semua :

1. low pressure adalah kejadian dimana tekanan pressure di pressure gauge low nya rendah ini terjadi dikarenakan tidak sirkulasinya freon pada saat compresor hidup (freon tersumbat), tersumbatnya freon dikarenakan beberapa part yang tidak berkerja secara baik apa saja part itu :


  1. evapurator adalah mempunyai fungsi untuk mendinginkan air, biasa yang terjadi jika low pressure maka di bagian pipa dari expansition valve ke evapurator mengalami kebekuan di bagian luar ini menandakan air evapurator tersumbat di pipa AIR evapurator, ada 2 pipa di evapurator untuk air dan freon bagaiman kerja evapurator berikut gambarnya :

freon yang di kabutkan dari expantion valve masuk di IN refrigerant INLET, kenapa freon di kabutkan di expantion valve? karena freon adalah sebuah gas cair yang jika di kabutkan akan membuat gas itu mempunyai temperature rendah yang bisa membuat air menjadi dingin sehingga gas itu sirkulasi di bagian evapurator dan keluar di OUT refrigerant outlet. gas yang keluar dari out nya ini akan kembali ke compresor berikut skema gambarnnya di bawah ini.


freon tidak akan tersumbat di pipa evapurator, tapi pipa freon evapurator bisa bocor didalam evapurator, kebocoran dari pipa freon ini bisa membuat low pressure, dan kebocoran ini di tandai dengan pressure gauge low rendah pressurenya tidak ada tekanan sama sekali (pressure gauge di 0  dan pressure high pressure juga 0) 
jika yang terjadi hanya low pressure gauge nya saja yang  rendah tidak sampai 0 itu menandakan tidak ada kebocoran di pipa freon evapurator penyebab dari pipa freon di evapurator bocor adalah karena kualitas air di sirkulasi in dan out air evapurator kalian bisa baca penyebabnya di blog ini 

http://www.pabrikpagarbrcgalvanis.com/2014/09/penyebab-pipa-galvanis-korosi-berkarat.html

http://ratihkumalachachae.blogspot.com/2011/12/mengenal-korosi-dan-akibatnya-serta.html

setelah check tidak ada kebocoran di evaprator kalian harus check in dan out air yang sirkulasi di evapurator caranya buka bagian out air evapurator sediakan penampung air (plastik atau ember ) buka kran in air evapurator( dalam chiller kondisi off ) lalu kalian lihat air di outnya jika pressurenya kecil itu menandakan sirkulasi air di evapurator tersumbat untuk mengatasinya lakukan scaling dengan menggunakan pelarut kimia penghilang korosi untuk pelarut kimia ini saya tidak tahu banyak pelarut kimia apa yang di pakai kalian bisa hubungi sapkon di pt kalian masing masing,,caranya buka in air evapurator dan sirkulasi kan pelarut kimia itu sehingga keluar dari out evapurator sirkulasikan selama 30 menit sampai 1 jam waktu tergantung dari maker kimia, setelah itu lihatlah kimia yang di sirkulasikan di wadahnya jika warnanya hitam itu menandakan kotoran nya banyak dan proses penghilang korosinya berjalan dengan baik. setelah selesai proses scaling tutup in dan outnya evapurator, dan trial chiller 

apabila masih ada masalah maka yang harus kalian check adalah expantion valve biasanya expantion valve tersumbat bisa mengakibatkan low pressure rendah di tandai dengan beku dari filter dryer yang menuju expantion valve tapi sebelum kalian mengganti expantion valve tanya dulu ke maker chiller kalian kondisi freon full atau kurang dan coba check compresor nya bagus atau rusak.

2. penyebab chiller high pressure 

high pressure adalah masalah yang terjadi karena temperature dari chiller itu high (pressure high terus naik) dalam kejadian hal ini terjadi di karenakan freon gas yang di kompresikan dari kompresor ke condensor tidak bisa di cooling oleh air dari input condensor ke out condensor. lebih jelasnya panas gas nya tidak bisa turun, condensor adalah memiliki fungsi untuk menurunkan panas gas freon yang di kompresi dari kompresor kenapa harus di kompresikan? di dalam compresor ada sebuah piston yang berfungsi untuk memompa gas freon dari hasil pompa piston ini gas yang di pompa menimbulkan panas sehingga harus didinginkan di condensor kenapa harus didinginkan? karena gas freon yang panas tidak akan bisa di kabutkan di expansion valve, gas yang panas mempunyai tekanan yang tinggi dan membuat evap tidak bisa untuk mendinginkan air 

maka untuk mengecheck high pressure kalian harus buka out condensor dan check pressure air nya, pressure air out nya tidak boleh lebih atau sama dengan input air condensor karena jika hal itu terjadi maka akan membuat condensor tidak bisa cooling, normalnya biasanya temperature out air dari condensor itu panas pegang pipa out nya dan rasakan jika tidak panas maka ada masalah di condensor, stelah itu buka valve in air condensor dan lepas pipa out nya lihat aliran air yang keluar dari outnya jika kecil maka condensor tersumbat dan kalian harus scaling pipa air condensor. 

3. pressure pompa kecil

masalah ini terjadi karena beberapa hal langkah pertama yang kalian check putaran pompa, normalnya searah jarum jam jika sudah check dan benar kalian harus check bypass di to mold and from mold, jika bypass valve terbuka full itu akan membuat pressure pompanya kurang maka kalian harus menutupnya tapi jangan tutup full harus buka dikit 1,5 putaran kenapa??  karena bypass juga berfungsi sebagai safety karena jika kalian tutup full maka apabila ada macet/tersumbat di mold akan membuat pompa air tidak sirkulasi dan membuat ampere tinggi dan thermal trip dan jika dipakasakan akan jebol mechanical sealnya (pompa bocor)


Terima kasih
Anditia Isnanto

63 komentar:

  1. Dear : Mr.
    Dengan segala hormat, Memperkenalkan kami :
    PT.AFT ENGINEERING As a Authorized Sole Agent 3D Instruments,LLC

    Dari O.E.M paling berkualitas di dunia.
    ANTI VIBRATION & OVER PRESSURE PROTECTION GAUGES
    www.instruments-ag.com

    Mohon jika berkenan,untuk sedikit waktu Dan kesempatannya agar kami dpt lebih memperkenalkan products Pressure Gauges terbaik ini di kantor Bapak.
    Terimakasih

    Best Regards,
    Agus DHM
    Email : agus@aft-eng.net
    Mobile : 0813 8478 5267
    Instruments-Filtration & Lub.System

    BalasHapus
  2. Dear : Mr.
    Dengan segala hormat, Memperkenalkan kami :
    PT.AFT ENGINEERING As a Authorized Sole Agent 3D Instruments,LLC

    Dari O.E.M paling berkualitas di dunia.
    ANTI VIBRATION & OVER PRESSURE PROTECTION GAUGES
    www.instruments-ag.com

    Mohon jika berkenan,untuk sedikit waktu Dan kesempatannya agar kami dpt lebih memperkenalkan products Pressure Gauges terbaik ini di kantor Bapak.
    Terimakasih

    Best Regards,
    Agus DHM
    Email : agus@aft-eng.net
    Mobile : 0813 8478 5267
    Instruments-Filtration & Lub.System

    BalasHapus
  3. Kompressor sering mati salah satu dari sistem 1 dan sistem 2 padahal baru runing. Apa penyebabnya

    BalasHapus
  4. Kompressor sering mati salah satu dari sistem 1 dan sistem 2 padahal baru runing. Apa penyebabnya

    BalasHapus
  5. kompresor mati harus di check dulu pada bagian contactor di bawahnnya ada thermal overload relay jika itu trip kemungkinan ada masalah pada compresor dan sirkulasi freon nya check juga padaa kondensor ada sensor untuk kondensor itu biasa nya adalah penyebab condensor tersumbat juga bisa check out kondensor air nya yg keluar banyak atau dikit dalam kondisi off

    BalasHapus
  6. Terkadang saya pribadi pun suka kesel gan dengan mesin pendingin chiller yang ngadat mulu, dikit - dikit minta jajan, padahal belum lama pendingin chiller saya mengalami kerusakan di bagian pipa dan sekarang kompresor ac... Rasanya pengen ganti dengan pendingin new gastro chiller yang baru aja nih.

    BalasHapus
  7. Numpang nanya bos..
    Oli baru diisi stlh chiller running level di tabung oli berkurang. Saat freon dikuras, freon nya terasa bercampur oli. Dimanakah kemungkinan kebocoran terjadi.. mhn pencerahan nya.
    Trims..

    BalasHapus
  8. itu kebocoran terjadi di filter oil karena filter oil ini berfungsi untuk memisahkan oil dan gas dari kompresor,,klo filter oil tidak bisa saring maka gas akan bercapur dengan oil

    BalasHapus
  9. Cara memgatasi high fresuer pada compresor low time agar kembali normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba check kondensor nya klo kondensor tidak bisa menurunkan temperature dari compresor maka pasti high pressure ,,caranya coba check out water nya panas atau dingin normalnya panas

      Hapus
  10. selamat pagi,,
    saya mau tanya,kenapa temperature pd chiller compressor tidak mau turun.apa penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba check ada kebocoran gak di pipa freon bagian evapurator biasanya klo bocor tangki air evapurator ada oli,,bercampur oli,, tapi klo tidak ada kebocoran bisa juga dari impeler nya aus atau korosi jadi pressure pompanya ga maximal

      Hapus
  11. Malam gan,mau nanya,says sering mengerjakan kulkas,ssys sering ketemu pipa hisap nya yg di pasanhkan pentil panas sampai ke selanh manifold,oli baru di ganti,pipa tekan panas,tapi dinginnya ngk maksimal,dmana yaa kendalany?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oli,filter dan sudah di flesing pakai r 141

      Hapus
  12. Mau tanya gan kalo temperatur chiller turun nya lama itu kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di check mas dari beban chiller yang digunakan flow rate nya berapa? klo misa flow ratenya dengan beban kurang pasti lama turunnya tapi klo sudah di check sesuai maka yang harus di check by pass nya di buka full atau tidak standard by pass adalah setengah putaran,,dan check kondensor outnya sudah mampet atau belum

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Penyebab under counter chiller kurang dingin,,apa yg harus sya cek pertama kali? ?

    BalasHapus
  15. kalau frezing di antara evaporator dan filter dry,kondisi freon aman kenapa ya mas, makasih

    BalasHapus
  16. mau nanya gan penyebab under conter chiller kompresornya gak running itu apanya yah gan? selain relay sama capasitornya yg bermasalah kira2 apanya lagi?

    BalasHapus
  17. Mau nanya gan.. Kalo mesin es bisa memproduksi es tp untuk high pressurenya ga jalan itu apanya ya?

    BalasHapus
  18. High presseure tinggi..kondensor ud di cuci tp tetap jg tinggi high press nya
    Apa sebab ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di scaling dulu dengan mengunakan vinegar/asam cuka mas.

      Hapus
  19. Mau nnayak gays kalau Penyebab refrigran pump pressure nya terus menerus cara mencegah supaya tidak terjadi lagi Penyebab refrigran pump pressure bagai mana iya.

    bdw saat ini kami memiliki mesin pembuat salju/ice dalam sebuah wahana permainan.

    BalasHapus
  20. kondenser surge: chek kondenser water temp & flow...klw indikasi begini mana yg hrs di cek gan?? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ni pusing jg gue pasti condenser panasnya gk wajar kan tp temperatur condenser normal yg beda jauh justru temp evap

      Hapus
  21. Kalau compresor mesin ice tube,di saat depros oil di kompresor ikut hilang apa penyebabnya,terima kasih

    BalasHapus
  22. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    Tommy.k
    081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    BalasHapus
  23. Mas knp di walking chiller di indoor msi freezing padahal tekanan freon sudah normal. Apakah di sistim evaporasi ad kebutuhan?

    BalasHapus
  24. Mau tnya nih gan. Saya hbs ganti bearing motor fan chiller, saat dipasang dan tes tanpa kompresor puteran motor fan normal. Lalu saat di hidupkan brg kompresor tiba2 mcb fan circuit breakernya ngetrip. Itu knp yah?

    BalasHapus
  25. Mau nanya gan kalo uprade frezzer kompresor nya ber- embun atau ber- air trs suhu cuma sampai -02 GK mau sampe -10 gitu knp ya gan mksh

    BalasHapus
  26. Selamat malam gan mau nanya kalo ahu ketika di mode cool knapa sering mati dan kompressor nya panas?

    BalasHapus
  27. mau nanya pak,cara penanganan kompresor ngeblok dan penyebabnya apa
    terima kasih

    BalasHapus
  28. Stelah baca dr atas smpai bwah sya tertarik skli. Jd apa boleh sya brtanya. Kbetulan sya pnya water chiller 2 fan. Tp yg terjadi sering alrm tulisan T.high warm atau comp.P high. Itu cara mngatasi bgaimna ya. Jd imbasnya air yg mengalir kedalam mesin es cream panas yg hrusnya dingin

    BalasHapus
  29. Terimakasih sudah berbagi, mau tanya sedikit pak,apa parameternya harus dilakukan scaling pada chiller, untuk Preventif rutin apakah di sarankan harus selalu menggunakan chemical, (type chiller kami air coller) mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  30. Misi kang. Sy engineering di best western hotel. Mau tanya kang chiler sy merekx daikin mau tanya kang di display muncul indikator mechanical low presure alrm mohon pencerahanx kang masalahx menurut akang dmn ya?

    BalasHapus
  31. Mas mau tanya nih, saya punya container carrier yg 20feat... sudah lama gak dipakai karena overheat terlalu tinggi.. sehingga dingin dalam kontener tidak bisa maksimal.. nanti kalau disiram pake air kondenssernya baru bagus dinginnya... tapi itupun bisanya -15 derajat... tapi lama kelamaan dia balik lagi ke -12.... mohon pencerahannya

    BalasHapus
  32. Chiller ada dua unit dan chiller 1 Selalu Standby chiller 2 otomatis sllu operation bagaimana cara mengatasinya...? Maaf sy karyawan baru yg di tempatkan di Chiller blum tau bnyk🙏

    BalasHapus
  33. Pak mau tanya, ampere chiler tidak mau naik kenapa ya?

    BalasHapus
  34. Produk Petrofer Oil tersedia untuk semua kebutuhan industri seperti :

    Metal working fluid, Metal forming , Oli Grease,lubricants, Die casting, Forging, Hidrolik oil, Slide way, Gear oil, Cutting oil, Quenching oil dan berbagai jenis chemicals.

    Kami juga mempunyai produk cutting coolant untuk berbagai tipe material:
    Steel
    Aluminum
    Copper
    Brass
    Cast Iron
    Summary Produk Kami:
    Isopal A Blue
    Emulcut S 20
    Emulcut S 50
    Isocool 990
    Isogrind 130
    Emulcut 500 A
    Isocut VG 15
    Isocut VG 22
    Isocut VG 32
    Oli Grease


    Untuk Informasi detail produk kami silahkan email kami di tommy.transcal@gmail.com
    Mobile:0813-1084-9918

    BalasHapus
  35. Kalo tidak bisa di on di karnakan friheting belum ok penyebabnya apa pak.
    Makasih buat informasi nya

    BalasHapus
  36. kalau boleh minta kontaknya kak,

    BalasHapus
  37. Ijin master, saya ada mesin ice tube 20t master hasil es tidak stabil master, 17 ton sampai 18 ton saja yg bisa keluar master, apa masalah ya master mohon pencerahan master

    BalasHapus
  38. Izin master..saya mempunyai masalah dengan pekerjaan cold room chiller.pada saat running,kompresor bekerja seperti biasa.kompresor akan mati setelah mencapai suhu yg ditentukan.setelah suhu mulai naik,biasa nya kompresor akan bekerja seperti biasa.tp malah kompresor tidak kontak lg.saya cek sirkulasi air biasa aja.apa penyebab nya.

    BalasHapus
  39. Gan untuk chiler condensor approach itu bagaimana mengatasinya dan penyebabnya apa ya gan. Tks tolong bantu ya

    BalasHapus
  40. Mau tanya, kalau low pressure dan high pressure sama sama terlalu tinggi penyebabnya apa ya? Dan juga kalau sama sama terlalu rendah penyebabnya juga apa? Terimakasih

    BalasHapus
  41. Bang mau tanya , kenapa ya oil supply temperatur tidak naik mengikuti oil tank temperatur , chiller sdah di test runing sekitar 1 jam tapi tetap tidak naik oil supply temperaturx . Apa penyebabnya kira-kira ya bang ? Mohon bantuannya 🙏

    BalasHapus
  42. Bangg mau tanya , kalo ada ngeblok di area ekspansi sampai evaporator , dan perbedaan yang jauh antara in dan out kondensor itu kendala di apanya yaa ??

    BalasHapus
  43. Warning alarm chiller mechanical phase mohon petunjuknya🙏

    BalasHapus
  44. Mas mau tanya tentang chiller sayur undercounter
    Muncul error kode HA biasanya apanya yg bermasalah ya??

    BalasHapus
  45. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Coagulan
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem

    BalasHapus
  46. Selamat siang, saya mau tanya chiller carrier saya waktu start awal langsung muncul override pada display nya, sudah kami reset seperti biasa seperti saat ada alaram tidak bisa juga, mohon pencerahannya siapa tau di sini ada yang pernah menyalami problem yang sama, terima kasib

    BalasHapus
  47. Mas mau nanya jika UCC bagus semua part nya bagus tapi setelah 6 jam tiba tiba UNIT mati itu gimana ya? Semua di chek bagus gak ada dari kelistikan atau pun mesin yg rusak.tolong di jls kan mas? Makasih

    BalasHapus
  48. Maaf admin...saya punya pendingin makanan di kapal...pada saat compressor running ,low pressurenya cepat sekali turun seningga compressor mati..saya sudah tambah freon dan ganti draier tetapi sama juga ...admin gimana caranya agar low pressure ngak down cepat...selenoid juga saya check dan saya adjust juga ekspansion valve tp tetap juga..mohon pencerahannya admin

    BalasHapus
  49. Menjual berbagai macam jenis Chemical anti lumut dan anti kerak untuk cooling tower chiller Boiler evapko STP wwtp bakteri dan nutrisi untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih
    WhatsApp 081310849918

    BalasHapus